0 Comments


Forum Komunikasi Pengelola Obyek Wisata Surabaya membuat Paket City tour Surabaya.
Secara perdana, program tersebut digelar, Sabtu (14/6/2014). Perjalanan 10 jam dimulai dari Pasar Bunga Kayoon yang terletak di Jalan Kayoon pada pukul 07.00 WIB.
Di sini, para wisatawan diajak melihat bagaimana geliat pasar bunga Kayoon di pagi hari, mulai dari kegiatan merangkai bunga, membuat papan letter ucapan, dan sebagainya. Perwakilan Pengurus Pasar Bunga Kayoon yang sekaligus bertindak sebagai Wakil Ketua Forum Komunikasi Pengelola Obyek Wisata Surabaya, Bambang mengajak peserta berkeliling pasar bunga Kayoon. Ia juga menunjukkan dan menjelaskan seperti apa bisnis pasar bunga Kayoon sehingga cukup menarik dan layak jadi sasaran para wisatawan jika ke Surabaya.
Perjalanan dilanjutkan ke Rolak Outbond Kids (Roks) yang terletak di jalan Raya Karah, persis berada di pinggir Kali Surabaya. Di sini, seluruh peserta paket wisata dijamu sarapan pagi dengan jajanan khas Surabaya lengkap dengan minuman wedang jahe yang menghangatkan.
Setelah sarapan pagi, Direktur Roks Didik Harimuko mengajak untuk melihat Taman Bacaan yang disediakan obyek wisata ini. Dalam Taman Bacaan ini, tersedia beragam buku bacaan yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh warga.
Di depan Taman Bacaan, sesuai namanya, disediakan arena outbond yang diperuntukkan bagi anak-anak. Harga Karcis yang dikenakan adalah sebesar Rp. 10.000 per anak. Sedangkan untuk dewasa, harga dikenakan sebesar Rp. 0 alias bebas biaya masuk.
Arena permainan sangat beragam. Terletak di tengah keramaian kota Surabaya, Roks menawarkan lokasi wisata yang nyaman. Cukup rindang dengan pepohonan dan juga arena outbond yang cukup bersaing dapat meningkatkan adrenalin dan melatih motorik dan kemandirian anak-anak. Roks menjadi pilihan berwisata keluarga yang menarik untuk berakhir pekan.
Beberapa kru panitia diberi kesempatan untuk mencoba beberapa arena outbond. Mulai berjalan ditangga, meniti tali, mengayun di tali seperti tarzan dan juga flying fox.
Setelah puas menikmati arena outbond Roks, perjalanan dilanjutkan ke kantor Jasa Tirta I yang terletak hanya 2 menit dari Roks. Disini, para peserta diajak menaiki sebuah kapal berkapasitas sekitar 20 penumpang, untuk menyusuri Kali Surabaya.
Tepat dari pintu air Rolak Gunung Sari, perjalanan susur Kali Surabaya diteruskan hingga beberapa kilometer. Pandangan mata disuguhi dengan berbagai geliat warga Surabaya yang hidup di bibir Sungai. Salah satu fenomena bagian dari Kota Surabaya yang cukup menarik untuk disimak. Kebesaran Kali Surabaya dengan pemanfaatannya sebagai sumber air minum bagi seluruh warga Surabaya, satu demi satu dijelaskan oleh panitia.
Setelah menikmati susur kali dengan kapal jasa tirta I ini, wisata dilanjutkan ke Pasar Tradisional Jambangan. Di sini, panitia disambut Camat Jambangan, yang menunjukkan berbagai produk unggulan hasil karya warga Jambangan.
Dalam Gerai UKM Jambangan yang terletak dipasar tradisional yang dikemas secara moderen ini, beragam hasil karya dan kegiatan ibu-ibu warga kecamatan Jambangan. Mulai dari pelatihan membatik, membuat sirup dan selai belimbing wuluh, hingga akhirnya disuguhi makan siang secara sederhana dengan kemewahan rasa masakan yang serba jamur yang merupakan hasil resep dan olahan warga Jambangan.
Tujuan wisata yang terakhir yakni ekowisata Mangrove Wonorejo. Di sini, seluruh peserta diajak untuk menikmati sensasi menanam pohon di pinggir pantai, dan bersantai di Gazebo Mangrove Wonorejo yang ditempuh beberapa menit dari lokasi masuk ekowisata mangrove, dengan menggunakan kapal.
Usai mengunjungi obyek wisata, panitia kembali ke Pasar Bunga Kayoon. ''�Kami ingin menjadi pelopor dan juga tim sukses dari program yang kami harapkan menjadi sebuah fenomena dan kebiasaan baru warga Surabaya dan juga dari luar kota, maupun mancanegara, agar Kota Surabaya menjadi pilihan wisata lengkap yang dapat diunggulkan,''
Irpan selaku Ketua Forkom Surabaya menambahkan apa yang dilakukan ini dapat didukung dan terus menjadi pembelajaran yang bermanfaat khususnya bagi warga Surabaya. Dengan demikian, obyek wisata di Surabaya dapat lebih dikenal, baik dalam maupun luar negeri, dan yang terpenting akan lebih membanggakan Indonesia. (nos)

0 komentar:

Follow @sekarsariflorist